RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MAN I KOTA BIMA
Mata
Pelajaran : fiqih
Kelas /
Semester : X1/2
Materi Pokok : Ketentuan
hukum mawaris
Alokasi Waktu : 10 x 90 Menit
|
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
1.2 Menghayati ketentuan syariat islam dalam
melakukan pembagian harta warisan dan wasiat
2.2 Meningkatkan sikap peduli,jujur,dan
kerjasama sebagai implementasi dari pemahaman
Tentang ketentuan
pembagian harta warisan dan wasiat
3.3 Menguraikan ketentuan hukum mawaris dan
wasiat dalam islam
4.3 Mengkritisi praktik waris dalam masyarakat
yang tidak sesuai dengan syariat islam
Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian ilmu mawaris
2. Menjelaskan dasar hukum mawaris
3. Menjelaskan hukum dan tujuan ,kedudukan ilmu mawaris
4. Menjelaskan sebab
dan halangan waris-mewarisi
5. Menjelaskan macam-macam ahli waris dan bagiannya
6. Menjelaskan masalah pembagian warisan,masalah
al-aul,al-rad,musyarakah,al-akdariyah dan bagian anah dalam kandungan,orang
hilang dan orang yang meninggal
bersama=sama
7. Menjelaskan wasiat dan bagian untuk wasiat
Tujuan Pembelajaran
C.
Menjelaskan
pengertian ilmu mawaris
D. Menjelaskan dasar hukum mawaris
E. Menjelaskan hukum dan tujuan ,kedudukan ilmu mawaris
F. Menjelaskan sebab
dan halangan waris-mewarisi
G. Menjelaskan macam-macam ahli waris dan bagiannya
H. Menjelaskan masalah pembagian warisan,masalah
al-aul,al-rad,musyarakah,al-akdariyah dan bagian anah dalam kandungan,orang
hilang dan orang yang meninggal
bersama=sama
I. Menjelaskan wasiat dan bagian untuk wasiat
J.
Materi Pembelajaran
8.
pengertian
ilmu mawaris
9. dasar hukum mawaris
10. hukum dan tujuan
,kedudukan ilmu mawaris
11. sebab dan halangan
waris-mewarisi
12. macam-macam ahli
waris dan bagiannya
13. masalah pembagian
warisan,masalah al-aul,al-rad,musyarakah,al-akdariyah dan bagian anah dalam
kandungan,orang hilang dan orang yang
meninggal bersama=sama
14. wasiat dan bagian
untuk wasiat
K.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan ilmiah (scientifict approach)
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode : 1. Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Inquiri
4.
Pemecahan Masalah
5.
Diskusi
L.
Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a. Laptop, CPU
b. LCD Projector
c. Gambar/Foto
2.
Sumber Belajar
a. Buku Ajar Fokus fiqih kelas X1 Kurikulum 2013, Direktorat pendidikan madrasah kementrian agama RI ,2015
b. Referensi lain yang relevan
c. Internet
M. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-9,10,11,12,13
Pendahuluan (… menit)
1.
Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk
memimpin doa bersama.
2.
Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk
mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan
papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi
yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3.
Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada
Tuhan.
4.
Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam
pembelajaran yang dilaksanakan.
5.
Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang
akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6. Guru membuat
kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk
di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7. Guru menampilkan
beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk
gambar /slide/video.
Kegiatan Inti (… menit)
Mengamati
1. Guru meminta peserta didik untuk mengamati video dan power point tentang mawaris
2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk mengamati video yang ditayangkan berkaitan dengan pernikahan
3. Peserta didik diminta menuliskan hasil pengamatannya dibuku catatannya
4. Peserta diminta mengemukakan hasil pengamatannya
5. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan tentang
apa yang dikemukakan peserta didik
6. Peserta didik, diminta membaca literatur tentang
jinayat dan diminta membuka al-quran
yang terkait dengan dalil pembunuhan
7. Peserta didik menulis hasil temuan dibuku catatannya
Menanya
- Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar MAWARIS
- Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatannya tentang masalah pernikahan
- Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.
Mengeksplorasi
1. Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan
membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait
mawaris
3. Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai
bahan diskusi/kegiatan, guru dapat
meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar
Fokus).
Mengasosiasikan
1. Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan
kegiatan yang berkaitan dengan materi mawaris
2. Peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan materi pernikahan sebagai bahan
presentasi di depan kelas.
Mengomunikasikan
1. Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/
kegiatan yang sudah dilakukan.
2. Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi/kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari
kelompok lain memberikan tanggapan.
3. Guru memberikan penegasan terhadap hasil
pembelajaran peserta didik.
Kegiatan Penutup (… menit)
Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1. mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
2. memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
3. memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib
di kelas;
4. memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan siswa lain
baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;
5. menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
6. menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
Pertemuan ke-14,15,16,17,18
Kegiatan Inti (… menit)
Mengamati
1. Guru meminta peserta didik untuk membaca
buku/referensi tentang cara pembagian warisan
2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, pembagian warisan
3. Peserta didik mengamati gambar/slide/video
tentang pembagian warisan
Menanya
- Guru meminta peserta didik untuk menjawab soal yang diberikan guru pembagian warisan. Pre-test berupa pertanyaan seputar warisan
- Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang mawaris dan wasiat
- Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.
Mengeksplorasi
1. Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan
membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait dengan dengan mengerjakan soal yang terkait dengan
mawaris dipapan tulis materi mawaris
3. Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan
tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar Fokus).
Mengasosiasikan
1. Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan
kegiatan yang berkaitan mawaris
2. Peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan dan mawaris sebagai bahan presentasi di depan kelas.
Mengomunikasikan
1. Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/
kegiatan yang sudah dilakukan.
2. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/
kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok
lain memberikan tanggapan.
3. Guru memberikan penegasan terhadap hasil
pembelajaran peserta didik.
Kegiatan Penutup (… menit)
Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1.
mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2.
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3.
memberi
perintah mengerjakan ulangan harian
dengan jujur dan tertib di kelas;
4.
memberi
tugas rumah untuk mengerjakan tugas
atau jenis kegiatan siswa baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah
guru;
5.
menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
6. menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa
bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
N. Penilaian
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
KI 1 dan
KI 2
|
Observasi
|
·
Lembar
observasia
|
Terlampir
|
2.
|
KI 3
|
Tes tertulis
|
·
Pilihan
ganda
·
Uraian
·
Tugas
(mandiri atau kelompok)
|
Terlampir
|
3.
|
KI 4
|
Proyek
|
·
Lembar laporan tugas
|
Terlampir
|
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar
Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara
berkesinambungan dengan menggunakan indra, baik secara langsung maupun tidak
langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku
yang diamati. Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya,
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar
peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru
melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai
sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut.
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan
sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukannya.
1
= tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah
melakukannya.
C. Lembar Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No
|
Aspek
Pengamatan
|
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
|
5
|
Melaksanakan
ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai dengan
agama yang dianutnya.
|
|
Jumlah
Skor
|
Lembar Observasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah
|
Rerata Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
7
|
||||||||||
8
|
||||||||||
9
|
||||||||||
10
|
||||||||||
Dst
|
Guru Mata Pelajan
Siti Ruqayah,s.Ag
NIP.197410052005012002
Penilaian KI 2
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A. Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap sosial ini berupa Lembar
Observasi. Sikap sosial yang
dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA meliputi:
a.
jujur
b.
kreatif
c.
disiplin
d.
tanggung jawab
e.
toleransi
f.
gotong royong
g. santun
h. responsif
i. proaktif
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar
peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru
melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai
sikap sosial yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu,
apabila peserta didik selalu melakukan
sesuai pernyataan.
3 = sering,
apabila peserta didik sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang,
apabila peserta didik kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukannya.
1
= tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah
melakukannya.
Guna
memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial
sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan Pengertian
|
Contoh Indikator
|
· Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
· Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain
tanpa menyebutkan sumber)
· Mengungkapkan perasaan apa adanya
· Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
· Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
·
Mengakui kesalahan
atau kekurangan yang dimiliki
|
|
1.
Jujur
adalah
perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
|
2.
Kreatif
Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru,
baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun
kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya.
|
· Menghasilkan ide/karya inovatif yang
dipublikasikan/dipasarkan.
· Menghasilkan ide/karya inovatif untuk kalangan sendiri/
skala kecil.
· Memodifikasi dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk
menghasilkan gagasan/karya baru.
· Mencoba membuat ide/karya dari contoh yang sudah ada.
|
3.
Disiplin
adalah
tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan
dan peraturan.
|
·
Datang tepat waktu
·
Patuh pada tata
tertib atau aturan bersama/ sekolah
·
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan
·
Mengikuti kaidah
berbahasa tulis yang baik dan benar
|
4.
Tanggungjawab
adalah
sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang
seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,
sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
|
·
Melaksanakan tugas
individu dengan baik
·
Menerima resiko
dari tindakan yang dilakukan
·
Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
·
Mengembalikan
barang yang dipinjam
·
Mengakui dan
meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
·
Menepati janji
·
Tidak menyalahkan
orang lain utk kesalahan tindakan kita
sendiri
·
Melaksanakan apa
yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
5.
Toleransi
adalah
sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan
keyakinan
|
·
Tidak mengganggu
teman yang berbeda pendapat
·
Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
·
Dapat menerima
kekurangan orang lain
·
Dapat mememaafkan
kesalahan orang lain
·
Mampu dan mau
bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang,
pandangan, dan keyakinan
·
Tidak memaksakan
pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
·
Kesediaan untuk
belajar dari (terbuka terhadap)
keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik
·
Terbuka terhadap
atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru
|
6.
Gotong royong
adalah
bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan
saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.
|
·
Terlibat aktif
dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
·
Kesediaan melakukan
tugas sesuai kesepakatan
·
Bersedia membantu
orang lain tanpa mengharap imbalan
·
Aktif dalam kerja
kelompok
·
Memusatkan
perhatian pada tujuan kelompok
·
Tidak mendahulukan
kepentingan pribadi
·
Mencari jalan untuk
mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
·
Mendorong orang
lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama
|
7.
Santun
adalah
sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma
kesantunan bersifat relatif,
artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda
pada tempat dan waktu yang lain.
|
·
Menghormati orang
yang lebih tua.
·
Tidak meludah di
sembarang tempat.
·
Tidak menyela
pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
·
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima bantuan orang lain
·
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa)
·
Meminta ijin ketika
akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
·
Memperlakukan orang
lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
|
8.
Responsif
Adalah
kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan
yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna
tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya
|
·
Tanggap terhadap kerepotan pihak
lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan
·
Berperan aktif terhadap berbagai
kegiatan sekolah dan/atau sosial
·
Bergerak cepat dalam melaksanakan
tugas/kegiatan
·
Berfikir lebih maju terhadap segala
hal
|
9.
Pro aktif
Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan
dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu
memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon.
Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan
mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.
|
·
Berinisiatif dalam bertindak terkait
dengan tugas/pekerjaan atau sosial.
·
Mampu memanfaatkan peluang yang ada.
·
Memiliki motivasi untuk terus maju
dan berkembang.
·
Fokus pada hal-hal yang memungkinkan
untuk diubah atau diperbaiki.
|
C. Lembar Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
Jumlah
|
Rerata Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya diri
|
||||||
1
|
||||||||||||
2
|
||||||||||||
3
|
||||||||||||
4
|
||||||||||||
5
|
||||||||||||
6
|
||||||||||||
7
|
||||||||||||
8
|
||||||||||||
9
|
||||||||||||
10
|
||||||||||||
dst
|
_
GURU MATA PELAJARAN FIQIH
SITI RUQAYAH,S.Ag
NIP.197410052005012002
Penilaian KI 3
·
jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang
jelas dan tepat! Kerjakan sendiri dan yakinlah dengan kemampuan Anda!
1.
Sebutkan rukun mawaris
2.
Sebutkan dalil yang menjelaskan bahwa warisan
harus dibagi sesuai ketentuan islam
3.
Sebutkan sebab-sebab waris-mewarisi
4.
Jelaskan alasan
mengapa ahli waris gugur haknya mendapat warisan
5.
Jelaskan maksud
furudhul muqadarah
6.
Bagaimana
ketentuan pembagian warisan dalam ashabah bilghair
7.
Apa yang dimaksud
dengan hijab hirman,Berikan contoh
8.
Isteri meninggal
ahli waris suami,bapak, anak perempuan
dan anak laki-laki ,harta 144 juta
.Hitunglah bagian masing-masing ahli waris
9.
Suami meninggal
ahli waris,isteri,ibu Dan seorang anak laki-laki .Harta 72 juta,berapa bagian masing-masing
ahli waris
10.
Seorang meninggal ahli waris isteri,ibu dan ayah harta 12 juta berapakah bagian isteri ?
Penilaian
KI 4
Penilaian Proyek
Nama : …………………………………………..
Kelas : …………………………………………..
No.
Absen : ………………………………………….
|
· Coba Anda
melakukan
penelitian tentang praktek mawaris dimasyarakat
!
Kemudian buatlah rangkumannya pada selembar kertas!
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Nama
Kelompok/Nama Siswa
|
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
Penilaian
Individu Siswa
|
||||
1.
|
Sistematika penulisan
|
|||
2.
|
Materi isi
|
|||
3.
|
Penggunaan bahasa
|
|||
4.
|
Ketepatan analisis
|
Mengetahui,
Guru Kelas/Mata
Pelajaran Kepala Sekolah MAN ! KOTA BIMA
Siti Ruqayah,S.Ag
Mansyur,s.Ag
NIP.197410052005012002 NIP.196909151996031002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar